Halaman
Pengesahan
1.
Judul
Kegiatan : BALE
untuk kesehatan otak dan jantung
2.
Bidang
Kegiatan : PKM-K
3.
Ketua
Pelaksana Kegiatan
a.
Nama Lengkap : Arief
Kurniawan Arrasyid
b.
NIM : 12809134010
c.
Jurusan : D3 Akuntansi
d.
Universitas/Institut/politeknik : Universitas
Negeri Yogyakarta
e.
Alamat Rumah
dan No Telp/HP : Kokosan,
Kokosan Prambanan Klaten
Jawa
Tengah/085878752063
4.
Anggota
Pelaksana Kegiatan/penulis : 3 orang
5.
Dosen
Pendamping
a.
Nama Lengkap : Sukanti, M.Pd.
b.
NIP : 19540101 197903 2 001
c.
Alamat Rumah
dan No Telp : Pugeran RT 04 RW 09
Maguwoharjo
Depok Sleman
081328773221
Yogyakarta,
21 Februari 2014
Ketua Jurusan Pendidikan Akuntansi, Ketua Pelaksana Kegiatan
( Sukirno, Ph.D ) ( Arief Kurniawan Arrasyid )
NIP. 19690414 199403 1 002 NIM. 12809134010
Pembantu Rektor III Dosen
Pendamping
(Prof. Dr. Sumaryanto, M.kes ) ( Sukanti, M.Pd )
NIP. 19650301 199001 1 001 NIDN. 0001015418
Daftar Isi
A.
JUDUL
MENUMBUHKAN SEMANGAT
BERWIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI USAHA “BALE” UNTUK KESEHATAN OTAK DAN JANTUNG.
B.
LATAR BELAKANG MASALAH
Di Era Globalisasi ini yang semakin
berkembangnya teknologi banyak macam-macam makanan yang diproduksi beraneka
ragam dari makanan sehat dan makanan siap saji atau instan. Tentunya makanan
instan atau siap saji mempunyai resiko tersendiri apabila memakannya. Namun
juga banyak makanan sehat dikalangan masyarakat dan juga digemari. Dikesempatan
ini akan dibahas salah satu makanan sehat yaitu “bale” atau bakso lele yang
mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, selain mudahnya membudidayakan
ikan ini bagi yang tidak berternak sendiri dapat juga membeli dengan harga yang
murah. Ikan yang terkenal dengan kandungan omega-3 dan omega-6 adalah ikan-ikan
'mahal' seperti salmon, makerel, ikan kod dan sebagainya. Padahal ikan lele
yang dijual di pasar-pasar tradisional memiliki manfaat yang sama. Satu porsi
ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6.
American Heart Association bahkan menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan
lele dalam menu beberapa kali seminggu.
Kedua nutrisi tersebut memang baik untuk
menjaga kesehatan jantung dan otak. Selain itu dalam satu porsi lele, tersedia
15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan
tubuh Anda. Kualitas asam amino yang diberikan ikan lele adalah kualitas yang
baik untuk membangun masa otot dan membangun meningkatkan fungsi kekebalan
tubuh. Anda juga membutuhkan protein untuk menyediakan energi.
Bakso lele “Bale”
tanpa bahan pengawet jadi bias dikonsumsi dari semua kalangan dan berapapun
umurnya. Berdasarkan survey bakso lele masih terasa asing dilidah ataupun
telinga masyarakat karena memang bakso lele belum dikembangkan adanya. Sehingga
target pemasaran masih regional daerah dan jika sudah popular baru akan
memasarkan diluar daerah.
Usaha Bakso Lele tidak hanya
melibatkan mahasiswa saja, secara tidak langsung usaha ini melibatkan beberapa
pihak yaitu mahasiswa dan masyarakat atau peternak lele. Dengan manfaat yang
terkandung dalam ikan lele kami menargetkan konsumen dapat menerima prosuk
kami. Sehingga dapat meningkatkan penjualan dan membuka cabang diluar daerah
dan menerima karyawan. Secara tidak langsung maka perekonomian disekitar
dapat meningkat karena
adanya usaha yang menerima karyawan. Dan dari usaha ini kita dapat mengambil
kesimpulan bahwa jika kuliah dibekali dengan keterampilan berwirausaha akan
menambah nilai plus saat sudah lulus. Dan akan membantu meningkatkan
perekonomian diindonesia.
C.
PERUMUSAN MASALAH
Perlunya mengkonsumsi makanan sehat sangatlah
penting bagi kesehatan otak dan jantung. Dan inilah etika yang harus dijalankan
seorang wirausaha agar memproduksi makanan yang sehat dan berkualitas.
Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa permasalahan saat ini:
1. Bagaimana dapat menciptakan makanan yang digemari masyarakat tapi sehat
untuk dikonsumsi.
2. Lele kaya protein dengan penyajian yang instan lebih menarik konsumen.
D. TUJUAN
1. Menciptakan lapangan kerja baru untuk membantu pemerintah mengurangi
pengangguran.
2. Meningkatkan nilai ikan Lele sebagai makanan sehat.
3. Menumbuhkan semangat berwirausaha dan meningkatkan keterampilan
wirausaha mahasiswa.
4. Menyediakan produk makanan dengan harga terjangkau dan menyehatkan bagi
masyarakat.
E. LUARAN
YANG DIHARAPKAN
Mampu meningkatkan nilai pangan yang berbahan
baku ikan Lele, dan menciptakan usaha yang kreatif dan inovatif yang
berkelanjutan sehingga mampu bersaing dan pendapatan profit yang menjanjikan.
F.
KEGUNAAN
Dalam usaha ini terdapat beberapa nilai guna
, yaitu :
1. Meningkatkan kerjasama tim
2. Pembelajaran manajemen waktu dan uang mahasiswa
3. Pemanfaatan dan meningkatkan ikan lele
4. Menyediakan makanan bagi masyarakat yang menyehatkan sebagai pengganti
makanan pokok sementara
G.
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1. Produk
Usaha ini sangat bermanfaat bagi kami, menambah uang
saku dan mencari keuntungan, kami juga sedikit dapat membantu meringankan beban
orang tua. Serta meningkatkan gizi masyarakat dengan produk kami. Yaitu makanan
yang diolah dari bahan mentah menjadi produk yang bermanfaat dan menyehatkan
otak dan jantung, dengan harga terjangkau dan dapat dinikmati dari semua
kalangan.
2. Potensi
Pasar
a.
Universitas
Merupakan kawasan ramai karena dekat dengan aktivitas mahasiswa dikampus yang kadang mereka lupa makan dan sering membeli makanan yang dekat dan segera disajikan, sehingga potensi pasar dikalangan mahasiswa sangat memadai untuk meamsarkan produk dari usaha ini.
Merupakan kawasan ramai karena dekat dengan aktivitas mahasiswa dikampus yang kadang mereka lupa makan dan sering membeli makanan yang dekat dan segera disajikan, sehingga potensi pasar dikalangan mahasiswa sangat memadai untuk meamsarkan produk dari usaha ini.
b.
Masyarakat
Umum
Dikalangan
masyarakat banyak sekali yang menggemari makanan bakso. Bakso lele ini mudah
untuk dipasarkan dikalangan masyarakat karena banyaknya peminat namun karena
produk ini masih terasa asing dimasyarakat, masih perlu melakukan pemasaran
dengan membuat pamflet atau banner promosi.
3. Peluang
Pasar
Dengan melihat produk yang kami buat dan potensi
pasar maka dalam pelaksanaan usaha ini berpotensi dapat berkembang pesat dan berkelanjutan,
karena masih jarangnya masyarakat yang mengembangkan usaha ini dan juga produk
yang mempunyai manfaat menyehatkan tubuh khususnya otak dan jantung sehingga
perkembangannya dan ketertarikan masyarakat diharapkan dapat lebih cepat.
4. Media
Promosi
Sebagai usaha yang masih perlu sosialisasi produk
atau pemasaran, media promosi yang kami gunakan yaitu:
1.
Brosur
untuk menawarkan produk ini kami menggunakan Bosur atau pamflet untuk menawarkan di sekitar sekolah, kampus universitas dan masyarakat umum.
untuk menawarkan produk ini kami menggunakan Bosur atau pamflet untuk menawarkan di sekitar sekolah, kampus universitas dan masyarakat umum.
2.
Internet
Kami juga menggunakan social media.
Kami juga menggunakan social media.
3.
Manusia
Ini adalah promosi yang paling mudah dan tidak memakan biaya yaitu promosi dari mulut ke mulut, yang dimulai dari orang terdekat.
Ini adalah promosi yang paling mudah dan tidak memakan biaya yaitu promosi dari mulut ke mulut, yang dimulai dari orang terdekat.
4.
SMS
Media Promosi melalui SMS.
Media Promosi melalui SMS.
5. Strategi
Pelaksanaan Usaha
a.
Mencari
lokasi yang strategis dan bekerja sama dengan pemilik tempat agar mempermudah
dalam produksi dan pemasaran.
b.
Bekerjasama
dengan peternak ikan lele agar mendapat bahan baku lebih mudah dan murah.
c.
Menawarkan
dengan harga yang merakyat/ekonomis agar dengan jangka panjang mampu bersaing.
d.
Memberikan
gratis saat usaha dibuka, agar masyarakat benar-benar mengetahui cita rasa dan
kualitas produk agar kedepannya banyak konsumen yang berminat.
6. Analisis
Finansial
a.
Kapasitas
produksi bakso direncanakan sebanyak 90 butir bakso per hari atau 30 mangkok
bakso = 414.500/180 = 2.302.77
b.
Biaya
Bakso lele akan dijual dengan harga,
= 2.302.77 + (2.302.77
x 90%) = 4.375.62 = Rp4.500
c.
Analisa
Break Even Point (BEP)
Analisa rumus :
Analisa rumus :
1.
Menghitung
berapa jumlah uang penjualanyang perlu diterima agar terjadi BEP:
Jumlah Biaya Tetap
Harga jual per unit –
Biaya variable
5.470.000
4500-2302
= 2488 mangkok
Artinya
bakso lele perlu menjual 2488 mangkok agar terjadi break even point.
Dan pada penjualan 2489 akan mulai memperoleh keuntungan.
Dan pada penjualan 2489 akan mulai memperoleh keuntungan.
H.
METODE PELAKSANAAN
Walaupun prakteknya usaha ini dikerjakan secara bersama
Tim, namun kami tetap menggunakan bagian-bagian tim. Pelaksana usaha ini adalah
tim produksi dan tim pemasaran.
1.
Tim produksi
Bahan -bahan bakso lele:
a.
500
gram daging lele (sebelumnya lele dikukus terlebih dahulu, kemudian diambil
dagingnya)
b.
200
gram tepung kanji
c.
Telur
ayam 1 butir
d.
2
sendok makan bawang putih goreng (menggorengnya diiris tipis)
e.
1
sendok makan bawang merah goreng
f.
Merica
bubuk 1/2 sendok teh (atau sesuai selera)
g.
Garam
1/2 sendok makan (atau sesuai selera).
Bahan-bahan untuk kuah bakso lele :
a. 3-4 siung bawang putih
b. merica bubuk dan garam
secukupnya
Cara membuat:
1.
Bahan-bahan bakso lele
dicampur hingga merata.
2.
Panaskan air dalam panci
hingga mencapai suhu 80ºC , jangan sampai mendidih
3.
Kemudian siapkan air dingin
dan es batu pada mangkok dan sendok untuk mencetak.
4.
Bakso lele dibentuk bulat
dengan bantuan sendok dan dimasukkan kedalam panci air panas, biarkan bakso
matang (ditandai dengan bakso tersebut mengapung keatas).
5.
Angkat bakso dan letakkan
dalam mangkok berisi es batu dan air dingin
6.
Kaldu bakso lele kemudian
ditambah bumbu kuah
2. Tim
pemasaran
Pemasaran
yang efektif untuk produk ini dengan meyebarkan brosur dan pamflet. Selain itu
produk juga akan dipromosikan dengan membuka makan gratis saat pembukaan usaha
dipertama kalinya agar konsumen mengetahui produk kami, dan berminat datang
lagi untuk membeli. Selain itu sebagai usaha dibidang kuliner maka tim
marketing mempunyai tugas dan tanggung jawab.
I. JADWAL KEGIATAN
No
|
Jadwal kegiatan
|
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Bulan 4
|
Bulan 5
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Analisa dan penentuan strategi pemasaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Analisa Bahan Baku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pemasaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Kegiatan produksi dan distribusi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Analisa kendala dan mengevaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Pengembangan produk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Penyusunan Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
J. RANCANGAN BIAYA
1. Biaya
Tetap
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
1
|
Gerobak
Bakso
|
Rp2.000.000.00
|
2
|
Kompor
|
Rp150.000.00
|
3
|
Blender
daging
|
Rp150.000.00
|
4
|
Baskom
besar 2
|
Rp100.000.00
|
5
|
Mangkok
Bakso 3 lusin
|
Rp260.000.00
|
6
|
Sendok
2 lusin
|
Rp30.000.00
|
7
|
Perijinan
ke BPOM
|
Rp1.000.000.00
|
8
|
Tempat
dan perlengkapan produksi
|
Rp1.250.000.00
|
9
|
Kursi
dan Meja
|
Rp400.000.00
|
10
|
Lap
kain 5 buah
|
Rp30.000.00
|
11
|
Panci
tempat bakso
|
Rp100.000.00
|
|
JUMLAH
|
Rp5.470.000.00
|
2. Biaya
Variabel
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
1
|
Mie
3kg
|
Rp48.000.00
|
2
|
Ikan
Lele 3kg
|
Rp60.000.00
|
3
|
Garam
beryodium 2 bungkus
|
Rp4000.00
|
4
|
Bawang
merah 1 kg
|
Rp40.000.00
|
5
|
Merica
|
Rp4000.00
|
6
|
Bawang
putih
|
Rp45.000.00
|
7
|
Cabai
3kg
|
Rp150.000.00
|
8
|
Tepung
Kanji 2kg
|
Rp8500.00
|
9
|
Telur
1kg
|
Rp16.000.00
|
10
|
Kecap
3 botol
|
Rp24.000.00
|
11
|
Sawi
5kg
|
Rp15.000.00
|
|
JUMLAH
|
Rp414.500.00
|
*Biaya
tersebut diasumsikan untuk 6 hari produksi dengan kapasitas perhari sekitar 90
butir bakso atau 30 mangkok bakso lele. Pembuatan dilakukan selama 18minggu
sehingga total Variable cost pembuatan
bakso lele yaitu:
Variable cost(selama 6 hari) x 20 minggu = 414.500 x 20
= Rp8.290.000
3. Publikasi
dan Dokumentasi
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
1
|
Dokumentasi
|
Rp150.000.00
|
2
|
Pamflet
|
Rp300.000.00
|
3
|
Banner
warung
|
Rp250.000.00
|
4
|
Alat
tulis kerja
|
Rp80.000.00
|
5
|
Biaya
lain-lain
|
Rp500.000.00
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
Rp1.280.000.00
|
4. Transportasi
a.
Bensin
1 x 30 hari x 5 bulan
1(Rp6500.00) = Rp975.000
b.
Angkutan
barang =
Rp250.000
Jumlah =
Rp1.225.000
5. Rekapitulasi
Rencana Anggaran
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
1
|
Biaya
Tetap
|
Rp5.470.000.00
|
2
|
Biaya
Variabel
|
Rp8.290.000.00
|
3
|
Publikasi
dan Dokumentasi
|
Rp1.280.000.00
|
4
|
Transportasi
|
Rp1.225.000.00
|
|
JUMLAH
|
Rp16.265.000.00
|
K.
LAMPIRAN
Nama
dan Biodata Tim
1. Biodata
Ketua
Nama Lengkap : Arief Kurniawan Arrasyid
NIM :12809134010
Angkatan :2012
Jurusan/Program
Studi :Akuntansi D3
Universitas :Universitas Negeri
Yogyakarta
Yogyakarta,
14 Februari 2014
Arief Kurniawan Arrasyid
NIM. 12809134010
2. Anggota
Pelaksana Program 1
Nama Lengkap : Boma Widhi Nugroho
NIM : 12108244097
Angkatan : 2012
Jurusan/Program
Studi : PGSD
Universitas : Universitas Negeri
Yogyakarta
Yogyakarta,
14 Februari 2014
Boma Widhi Nugroho
NIM.12108244097
3. Anggota
Pelaksana Program 2
Nama Lengkap : Ari Wibowo
NIM : 12104241078
Angkatan : 2012
Jurusan/Program
Studi : Bimbingan Konseling
Universitas : Universitas negeri
Yogyakarta
Yogyakarta,
14 Februari 2014
Ari Wibowo
NIM. 12104241078
4. Anggota
Pelaksana Program 3
Nama Lengkap : Arfiansyah Fauzi
NIM : 10601241079
Angkatan : 2010
Jurusan/Program
Studi : PJKR
Universitas : Universitas Negeri
Yogyakarta
Yogyakarta,
14 Februari 2014
Arfiansyah Fauzi
NIM. 10601241079
NIM. 10601241079
Tidak ada komentar:
Posting Komentar